Google dan Kita (7) Berakhirnya Era Informasi –1-

Saat ini masalahnya bukan lagi mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi -– karena justru akan membingungkan. Tantangan masakini adalah memilah dan mengolahnya.

^_^

Jika di awal abad informasi dahulu kala, kepemilikan informasi adalah sebuah keunggulan bagi perusahaan, kini hal itu perlahan-lahan mulai bergeser.

Keberadaan internet dengan milyaran informasi yang berada di dalamnya membuat semua orang dapat dengan mudah mendapatkan informasi. Di masa lalu saat penggunaan internet masih terbatas di kalangan tertentu, kepemilikan informasi adalah sebuah keunggulan bagi perusahaan.

Kini dapat dikata semua perusahaan modern memiliki jaringan internet yang digunakan para pekerja-nya untuk mengumpulkan informasi. Jadi sudah tidak ada lagi keunggulan sebuah perusahaan atas perusahaan lain hanya karena lebih banyak informasi yang berhasil dikumpulkan.

Berkat internet setiap pekerja memiliki peluang yang sama untuk mengumpulkan informasi –- dus kepemilikan informasi bukan lagi merupakan sebuah kelebihan.

Era persaingan mengumpulkan informasi bergeser ke era baru, yaitu era perlombaan memilah dan mengolah informasi. Persaingan antar perusahaan muncul dalam bentuk baru, yaitu perlombaan ketrampilan dalam memilah dan mengolah informasi yang terjadi di semua level pekerja, mulai dari manajer yang paling atas hingga level pekerja biasa.

Bila jaman dahulu kala sebuah perusahaan memiliki keunggulan karena pucuk pimpinannya jeli mengamati trend pasar dan kemudian mengembangkan produk yang sesuai kebutuhan pasar –- kini seorang pekerja biasa-pun bisa mendapatkan informasi trend pasar dari dunia maya.

Jika pada abad yang lalu hasil penelitian-penelitian terbaru dimiliki oleh kalangan terbatas, kini penemuan-penemuan terbaru dapat dicari dengan Google, termasuk penemuan awal yang masih dalam taraf penelitian. Informasi yang dimiliki sebuah perusahaan dengan cepat dimiliki juga oleh perusahaan lain.

Tak ada perusahaan yang tidak menggunakan internet untuk mengimbangi informasi yang dimiliki para pesaingnya. Dengan berbekal informasi tersebut, perusahaan dapat memilih berinvestasi pada penelitian-penelitian yang memberi hasil paling menjanjikan (undil – des07).



CATATAN:
Google
Yang dimaksud Google disini adalah mesin pencari (search enginee) yang ada di Internet seperti Yahoo, MSN dan Google. Karena Google adalah yang paling populer, paling sederhana, paling praktis dan menurut saya paling baik, maka saya memakainya sebagai kata ganti untuk mesin pencari.

Browse [browz]
vti comput online scan computer files: to scan and view files in a computer database or on the Internet, especially on the World Wide Web

[Early 16th century. Via obsolete French broust <>

0 komentar:

Post a Comment