Poka Yoke

Minggu lalu saya ikut pelatihan autonomous maintenance, yaitu perawatan mandiri mesin-mesin produksi oleh personil produksi. Tujuannya untuk mencegah terjadinya breakdown, yaitu mesin rusak dan berhenti bekerja. Inti dari pelatihan yang diselenggarakan oleh PQM Consultants, Jakarta pada tanggal 9-10 Juli 2008 itu adalah orang produksi sebagai personil yang sehari-hari mengoperasikan mesin adalah orang yang paling tahu bila terjadi penyimpangan kecil pada mesin dan dapat segera melakukan tindakan perbaikan.

Dengan deteksi dini gangguan kecil pada mesin, maka gangguan yang lebih besar diharapkan dapat dicegah. Dengan memelihara mesin secara benar dan mengoperasikan mesin sesuai prosedur, maka breakdown mesin dapat dicegah. Disamping mengoperasikan mesin, seorang operator produksi juga diharapkan melakukan improvement untuk memperbaiki kinerja mesin. Salah satu trik yang diajarkan untuk improvement dan mencegah kesalahan pengoperasian mesin adalah poka yoke.

Apa itu poka yoke?

Contoh poka yoke adalah sim card handphone kita. Bentuk sim card handphone adalah segiempat dengan salah satu sudut dipotong. Dengan bentuk seperti itu pemasangan simcard ke dalam handphone tidak akan terbalik. Seandainya terbalik-pun sim-card tidak akan dapat masuk ke tempatnya. Dengan poka yoke kemungkinan rusaknya mesin oleh kesalahan pemasangan komponen alat dapat dicegah.

Contoh lain poka yoke adalah colokan pada bagian belakang komputer. Setiap colokan berbeda bentuknya sesuai peruntukan, sehingga tidak akan terjadi kesalahan pemasangan. Untuk mesin-mesin tertentu poka yoke sangat diperlukan, terutama bila kesalahan pemasangan akan mengakibatkan kerusakan mesin atau kerusakan produk.



Untuk tangki penampung produk di departemen produksi, poka yoke dapat diterapkan pada adapter koneksi pipa. Ukuran adapter untuk koneksi pipa udara, pipa produk dan pipa lainnya dapat dibedakan sehingga operator tidak akan melakukan kesalahan penyambungan yang bisa mengganggu produk. Suplai udara tidak akan disambungkan pada jalur produk yang dapat mengakibatkan produk berbuih, demikian juga sebaliknya.

Pada software komputer poka yoke juga tersedia. Misalnya pada saat kita hendak keluar dari word processor seperti MS Word biasanya ada pemberitahuan apakah kita akan menyimpan file yang sudah dibuat atau tidak. Sehingga kita tidak akan kehilangan hasil kerja berjam-jam hanya karena lupa tidak menyimpan. Demikian juga bila kita menyimpan dengan nama yang sama dengan file lama, otomatis akan diberi warning bahwa file baru kita akan menimpa file yang lama. Warning itu membuat kita tidak akan kehilangan file lama karena tertimpa file baru.

Untuk uang kertas sepertinya perlu poka yoke ukuran. Uang pecahan yang berbeda seperti 10 ribu dan 100 ribu selain perlu dibedakan warnanya juga perlu dibedakan ukurannya. Sehingga tidak akan terjadi pecahan 10 ribu terselip diantara gepokan uang 100 ribuan yang bisa mengakibatkan pertikaian antar orang yang bertransaksi.

Poka yoke lain yang diperlukan saat ini adalah poka yoke untuk standar samping sepeda motor. Pengendara sepeda motor kadangkala lupa belum menaikkan standar samping saat menjalankan motornya, akibatnya pada saat dia berbelok ke kiri, standar akan menyentuh jalan dan bisa mengakibatkan terganggunya keseimbangan pengendara. Seandainya ada aksesori tambahan atau sistem yang mencegah terjadinya kelupaan itu tentu menjadi nilai lebih bagi merek sepeda motor yang memilikinya. Ada ide untuk poka yoke standar samping sepeda motor ini? (undil-2008)


0 komentar:

Post a Comment