Mengapa Hari-hari Terasa Lebih Panjang Shinichi?

Akhir pekan Shinichi Kudo ikutan oubound di Sentul, Bogor. Acara dimulai dari perjalanan panjang dari Bandung ke Sentul di Jumat malam hingga diakhiri perjalanan ke Curug Luhur di Minggu pagi menjelang pulang. Sabtu Minggu diisi dengan rangkaian acara yang padat merayap yang dirancang rapi oleh penyelenggara outbound. Rangkaian games kreatif, flying fox dan permainan highrope lain telah memadati dua hari yang sangat mengasyikkan itu. Lelah, tapi terasa sangat bermakna untuk mengisi akhir pekan.



Ada satu hal menarik yang dirasakan Shinichi Kudo selama outbound. Yaitu bahwa hari-hari terasa lebih panjang daripada hari-hari biasa. Hari Sabtu dan Minggu terasa berjalan lebih lambat daripada hari Sabtu Minggu biasa. Akhir pekan yang biasanya terasa begitu cepat berlalu, tidak terjadi pada akhir pekan di arena outbound. Dua hari itu terasa begitu panjang. Begitu terasa menit demi menit yang berlalu bersama laju sang waktu. Waktu terasa lebih lambat. Hari-hari terasa lebih panjang. Buktinya banyak sekali hal yang berhasil dikerjakan hanya dalam dua hari itu.

Mangapa hari-hari terasa lebih panjang?

Shinichi Kudo menduga karena dua hari di Sentul itu diisi dengan kegiatan-kegiatan yang telah dirancang rapi sehingga menit-demi menit benar-benar dimanfaatkan untuk mendapatkan raihan sebanyak-banyaknya. Setiap menit dirancang untuk memberi manfaat yang sebesar-besarnya bagi para peserta outbound. Banyak hal-hal baru yang diajarkan lewat permainan selama outbound. Banyak kegembiraan yang dimunculkan. Banyak keceriaan yang dibagikan. Banyak permainan mengasyikkan yang diluncurkan. Dan semuanya terancang dengan padat dan rapi selama dua hari itu.

Dengan pemanfaatan waktu yang maksimal -- maka hari-hari terasa lebih panjang. Tidak ada kamus waktu dihabiskan untuk tidur-tiduran atau melakukan hal-hal yang tidak berguna. Tidak ada waktu yang dibiarkan berlalu dengan berlama-lama di kamar mandi atau di depan cermin. Setiap menitnya benar-benar terasa sebagai satuan waktu yang dibayar dengan sesuatu yang bermakna. Itulah yang membuat hari-hari terasa lebih panjang.

Penyebab lain hari terasa lebih panjang adalah hal-hal baru yang diperoleh selama outbound. Hal-hal yang berbeda dengan peristiwa yang biasa dialami Shinichi Kudo di akhir minggu. Hal-hal yang bukan sekedar kegiatan rutin yang terus diulang-ulang dari minggu ke minggu.


Di Sentul, Shinichi Kudo mengalami hal-hal yang sama sekali baru. Hal-hal menarik yang membuat perangkat perekam di dalam otaknya melonjak-lonjak kegirangan karena mendapatkan bahan-bahan baru untuk memperkaya khazanah pengetahuan yang tersusun rapi di dalam otak. Pengetahuan yang bermanfaat untuk memperkaya wawasan dan mempertajam pikiran.

Penggunaan waktu yang efisien, adanya pengetahuan baru dan variasi dari kegiatan rutin adalah tersangka utama penyebab hari-hari terasa lebih panjang bagi Shinichi. Perasaan serupa juga dialami Shinichi kala dirinya piknik keluar kota ataupun ikut seminar ke Jakarta di hari kerja. Hari-hari terasa lebih panjang dibanding hari-hari biasa (Undil – Des 08).


0 komentar:

Post a Comment