Buku : Please Don't Just Do What I Tell You



Saya melakukan beberapa pekerjaan menarik
semasa remaja dan kuliah. Diantaranya menjadi
kasir di sebuah jaringan toko.

Suatu ketika pada saat saya
duduk di belakang meja kasir, seorang manajer
wilayah datang, setelah melihat-lihat keadaan
toko, dia memberi isyarat pada saya untuk
mengikutinya.

Apa yg dilakukan manajer?
Ternyata si manajer mengisi tempat
barang-barang dagangan yg kosong karena telah terjual
dg barang persediaan, kemudian membersihkan
counter makanan dan memisahkan barang-barang
yang sudah rusak, dan sepertinya dia ingin saya mengikuti
apa yang telah dia lakukan.

Wow! Betapa kagetnya saya.
Sesuatu yang tak terpikir untuk dikerjakan.
Sesuatu yang saya pikir bukan bagian dari tugas

Hari itu saya dapatkan pelajaran sangat berharga.
Bahwa saya seharusnya melakukan hal-hal
yang perlu dilakukan, tanpa menunggu perintah.

Dan peristiwa itu merubah saya dari sekedar
seorang penonton menjadi seorang yang bertanggung-jawab
terhadap pengalaman kerja saya sendiri.

Kisah diatas kurang lebih menggambarkan inti dari buku
PLEASE DON'T JUST DO WHAT I TELL YOU,
DO WHAT YOU NEEDS TO BE DONE,

Sebuah buku tipis bersampul oranye,
hanya 95 halaman,
ditulis oleh si Bob Nelson
yang di Indonesia diterbitkan
oleh elekmedia komputindo 2003.

(nl-juni 2004).


0 komentar:

Post a Comment