Dongeng Sang Kancil dan Bayi Imut

Pada suatu sore -- Altap -- si bayi imut umur 7 bulan sedang duduk-duduk di singgasananya, sebuah stroller bayi warna biru yang dilengkapi dengan tempat duduk yang bisa diangkat dan dipindahkan keluar stroller. Altap duduk di singgasananya di teras belakang rumah Kakek -- menghadap akuarium air laut yang terpasang rapi di teras yang diperlebar hingga beberapa meter itu. 

Mata Altap mengawasi pergerakan benda-benda yang berada di dalam akuarium, terutama pergerakan kincir yang berputar kencang karena terpaan gelembung-gelembung udara dari pompa udara. Saat itulah tiba-tiba Sang Kancil muncul dari kebun -- dan langsung menghampiri Altap.

"Woooii bayi siapa namamu" tanya Sang Kancil

"Namaku Altap, anak Bunda Majda. Aku sendirian di sini, karena Bundaku sedang memasak sayur untuk buka puasa" jawab Altap, tentu saja dengan bahasa yang bagi manusia hanya seperti gumaman-gumaman tidak jelas dari bayi yang belum bisa bicara -- yang untungnya dimengerti oleh Sang Kancil yang cerdik.

"Namaku Kancil. Aku tinggal di sebuah gua di pinggir sungai, dan suka sekali main ke kebun Kakekmu yang luas ini karena Kakekmu tak pernah mengusik aku. Kamu suka ikan yak? Kok dari tadi ngliatin ikan terus" lanjut Sang Kancil

"Ah gak juga Kancil. Aku lebih suka makhluk yang berputar-putar kencang itu" jawab Altap

"Wooo itu namanya kincir, dia digerakkan oleh gelembung-gelembung udara" jawab Kancil

"Bagus banget yak!. Kincir itu berputar kencang sekali sampai-sampai warna aslinya menjadi kabur. Andai ukurannya sedikit lebih besar tentu lebih bagus" kata Altap

"Aha! Kamu suka kincir yang lebih besar yah! Klo kamu mau aku bisa tunjukkan kincir yang ukurannya jauh lebih besar. Kincir yang dipakai untuk membangkitkan listrik di rumahmu dan Langgar samping rumahmu itu" kata Sang Kancil

"Aaaaaaa..... aku pengen banget! Tunjukkan, tunjukkan padaku di mana tempatnya kincir besar itu" kata Altap dengan antusias walaupun dia tidak tahu apa itu listrik, dan apa hubungannya dengan kincir air -- bagi dia itu tidak penting.

"Gak jauh kok. Itu dibalik rumpun bambu di kebun belakang itu" kata Kancil sambil menunjuk deretan rumpun bambu yang membatasi kebun belakang rumah Kakek Altap dengan sungai kecil yang mengalir di belakang kebun.

"Tunggu sebentar kamu sembunyi dulu. Sebentar lagi Bunda akan mengecek aku, setelah itu dia akan kembali sibuk dengan masakan-masakannya karena hari ini ada acara buka bersama di Langgar. Setelah itu kamu bisa berbuat baik dengan mendorong strollerku ke sana" kata Altap menyodorkan satu rencana.

"Aku rasa tidak perlu aku yang membawa. Bisa bahaya nanti kalo strollermu tergelincir. Setiap sore Kakekmu menengok kincir air untuk mengecek apakah bekerja dengan baik atau tidak. Kadang-kadang Kakek membersihkan daun-daun yang mengotori kincir air supaya tidak macet. Labih baik kamu bersama Kakek. Nanti kalo Kakek keluar rumah, angkat tanganmu sambil teriak-teriak biar diajak" nasehat Kancil pada Altap.

^_^
Seperti yang dikatakan Sang Kancil, Kakek nampak keluar rumah sambil membawa senter. Mungkin supaya lebih jelas saat memeriksa kincir air yang rada gelap karena terlindungi daun-daun pepohonan yang rindang. Melihat Altap mengangkat tangannya sambil berteriak-teriak, Kakek mengajak Altap supaya tidak mengganggu Bundanya yang sedang memasak. 

Maka meluncurlah stroller Altap menuju kincir air di kebun belakang. Betapa bahagianya Altap bisa melihat kincir raksasa bila dibandingkan kincir di akuarium. Diamat-amatinya kincir yang berputar kencang itu sambil berteriak-teriak kegirangan. Tangannya menunjuk-nunjuk ke ke kincir sambil tebar senyum sana-sini -- pertanda dia lagi happy. Sementara Sang Kancil mengawasi dari balik rimbunnya rumpun bambu sambil tersenyum. Senang sekali rasanya bisa membahagiakan Altap, teman baru yang baru dikenalnya sore ini. (Undil - 2015)  

5 comments:

  1. Nice Post
    Freshers Jobs way Provides jobs, IT jobs in india, Govt jobs , latest jobs, Bank jobs in India, Walkins, off campus placements, fresher jobs, vacancies and careers.

    ReplyDelete
  2. Nice Information

    Merry Christmas Santa Gifts - Merry Christmas Images ,Christmas Images, Merry christmas pictures, Merry Christmas Images Free Download

    ReplyDelete
  3. Nice information. Thanks for sharing the awesome information , i also recommend online Notification

    ReplyDelete
  4. Very Good Information and i also recommend Freshers job way ; as they are leading sites provides job information.

    ReplyDelete
  5. Thanks , you are giving very important information for many job seekers. In my experience , i got job through Recruitment Voice and according to me it is also one of the best site.

    ReplyDelete