Bowie-Dick Test ?

Otoklaf adalah peralatan sterilisasi panas basah (menggunakan uap) yang biasa digunakan untuk sterilisasi material-material yang diperlukan dalam proses produksi. Salah satu tahapan penting sterilisasi pada otoklaf modern adalah tahap prevakum chamber (chamber adalah ruang tempat meletakkan material yang akan disterilisasi). Pada tahap tersebut udara dikeluarkan dari chamber sampai otoklaf vakum. Dalam kondisi vakum, penetrasi uap ke material akan berjalan lebih baik karena udara bisa mencegah penetrasi steam ke dalam kemasan material.

Bowie dick test digunakan untuk menguji --- apakah tahap pem-vakuman chamber berjalan normal --- sehingga uap dapat penetrasi dengan cepat dan kontinyu ke material yang disterilisasi. Bowie dick adalah indikator kimia yang akan berubah warna setelah disterilisasi. Berdasar perubahan warna tersebut dapat disimpulkan apakah proses pem-vakuman berjalan baik atau kurang baik.

Pada salah satu merek produk bowie dick test pack perubahan warna yang terjadi adalah sebagai berikut :
pada awalnya lembar bowie dick test berwarna kuning, tetapi setelah disterilisasi akan berubah :
- menjadi biru tua/ungu bila pem-vakuman otoklaf berjalan dengan baik.
- namun bila proses pem-vakuman kurang baik, akan terbentuk alur warna coklat kuning pada lembar bowie dick test..

Bagaimana cara melakukan bowie dick tes?

Salah satu cara melakukan bowie-dick test adalah sebagai berikut :
1. Otoklaf di panaskan dulu dengan menjalankan 1 run sterilisasi.
2. Buka otoklaf, kemudian pasang bowie dick test pack pada holdernya dan letakkan 10 – 20 cm di atas drain otoklaf.
3. Jalankan program sterilisasi pada suhu 134 - 138 C selama 3,3 – 3,5 menit, gunakan program sterilisasi yang memiliki tahap pem-vakuman yang sama dengan program sterilisasi yang akan digunakan untuk sterilisasi material.
4. Setelah selesai sterilisasi, bowie dick test pack diambil dan dilihat hasilnya, Bila prevakum berjalan baik, lembar bowie dick test akan berwarna ungu/biru tua.

bacaan pendukung : Mechanical Monitoring and the Bowie-Dick test, SAFMED, www.safmed.co.za

0 komentar:

Post a Comment