Google dan Kita (5)

Bagaimanakah trik-trik untuk mengefektifkan pencarian menggunakan Google? Berikut ini adalah tips-tips untuk membuat pencarian kita menggunakan Google menjadi lebih efektif dan lebih tepat sasaran.


  • Bila hendak mencari definisi sebuah kata misalnya remunerasi, tuliskan define remunerasi. Kita tidak akan membuang-buang waktu karena tergoda untuk menjelajah web-web yang tidak relevan.
  • Bila ingin pencarian lebih akurat dan membatasi hasil pencarian, gunakan kalimat yang panjang agar hasil pencarian lebih fokus. Daripada menulis reverse osmosis tulislah common problem in reverse osmosis and prevention.
  • Tombol I’m feeling lucky adalah untuk jalan pintas menuju situs yang paling relevan. Bila kita menuliskan universitas padjadjaran, maka kita akan langsung dituntun ke situs universitas padjadjaran dan tidak mampir ke situs-situs lain yang tidak relevan walaupun mengandung kata universitas padjadjaran.
  • Gunakan tanda petik dengan bijaksana. Tanda petik berarti hanya kalimat yang persis sama yang akan di ambil oleh Google. Bila kita menulis “tetanus toxin detoxification” berarti Google hanya akan mencari website-website yang mengandung frase yang sama persis. Bila tanpa tanda petik, Google akan mencari website-website yang mengandung kata tetanus, toxin dan detoxification walaupun letaknya terpisah bukan pada satu frase kata.
  • Bila kita ingin hasil yang “serius” tentang suatu hal kita bisa memilihnya tipe file berupa pdf. Misalnya kita ingin mencari file WHO TRS 800 (World Health Organization Technical Report Series 800), maka tuliskan filetype:pdf di belakang kata yang dicari. Tulis: WHO TRS 800 filetype:pdf.
  • Bila kita hendak membandingkan alat, misalnya membandingkan pH meter dari berbagai vendor, kita bisa mengklik kata similar pages yang terdapat di bawah hasil pencarian.

Google
... Advertise with Us - Business Solutions - Services & Tools - Jobs,
Press, & Help ©2004 Google - Searching 4,285,199,774 web pages.
www.google.com/ - 3k - Mar 26, 2004 - Cached - » Similar pages «


  • Bila kita ingin membatasi pencarian pada satu situs saja, misalnya ingin mengetahui penerimaan mahasiswa baru di situs ITB saja, maka tulislah alamat situs di belakang kata yang dicari. Tulis penerimaan mahasiswa baru site:itb.ac.id.
  • Ejaan mana yang lebih lazim digunakan resiko atau risiko? Kita bisa mengetesnya dengan mencari kata resiko dan kemudian kata risiko di Google. Ternyata didapatkan 31.500.000 hasil pencarian untuk kata risiko dan hanya 1.210.000 untuk resiko. Berarti kata risiko lebih lazim digunakan daripada kata resiko. Untuk yang lebih pasti kita bisa mencari ejaan yang dipakai oleh situs-situs ternama.

Hasil pencarian kata “resiko”
Google
Web
Urutan 1 - 10 dari sekitar 1,210,000 hasil penelusuran untuk resiko. (0.06 detik)
Danamas.com - Resiko
Resiko Murni Bentuk resiko yang kalau terjadi akan menimbulkan kerugian (loss) atau tidak menimbulkan kerugian (no loss/break even). ...
www.danamas.com/asuransi/resiko.asp - 15k - Tembolok - Halaman sejenis

Hasil pencarian kata “risiko”.
Google
Web
Urutan 1 - 10 dari sekitar 31,500,000 hasil penelusuran untuk risiko. (0.14 detik)
Manajemen risiko - Wikipedia Indonesia, ensiklopedia bebas ...
Manajemen risiko adalah proses pengukuran atau penilaian risiko serta pengembangan strategi pengelolaannya. Strategi yang dapat diambil antara lain adalah ...
id.wikipedia.org/wiki/Manajemen_risiko - 20k - Tembolok - Halaman sejenis

  • Ketika kita telah meng-klik sebuah website hasil pencarian Google, ternyata tidak menemukan kata yang kita cari di website tersebut, kemungkinan website telah berubah atau website sedang down. Cobalah untuk meng-klik cached yang terdapat di sebelah kanan bawah hasil pencarian. Cached adalah backup Google terhadap isi sebuah situs untuk jaga-jaga pada saat situs tersebut sedang tidak aktif. Isi cached mungkin tidak updated karena isinya sesuai dengan waktu pada saat situs di backup.

Google
... Advertise with Us - Business Solutions - Services & Tools - Jobs,
Press, & Help ©2004 Google - Searching 4,285,199,774 web pages.
www.google.com/ - 3k - Nov 26, 2004 - » Cached « - Similar pages

^_^

Dengan semua kelebihan itu Google membantu kita bekerja lebih cepat dalam memilah-milah informasi. Dus milyaran informasi yang ada di dunia maya dapat kita manfaatkan dengan efektif -- sehingga menghemat waktu yang dihabiskan untuk mendapatkan informasi (UNDIL).


Catatan:
Yang dimaksud Google disini adalah mesin pencari (search enginee) yang ada di Internet seperti Yahoo, MSN dan Google. Karena Google adalah yang paling populer, paling sederhana, paling praktis dan menurut saya paling baik, maka saya memakainya sebagai kata ganti untuk mesin pencari.

0 komentar:

Post a Comment