Google dan Kita (12) Simbiosis Google & Database Perusahaan III

Maka yang dilakukan Irpan adalah membersihkan cartridge RO dengan menggunakan asam sitrat untuk menghilangkan karbon, dilanjutkan menggunakan asam nitrat untuk menghilangkan kalsium. Sesuai hasil kombinasi data dari Google yang memberi informasi spesifikasi bahan kimia pencuci RO dan dari database internal yang memberi informasi jenis-jenis kerak yang terjadi di mesin-mesin yang bersentuhan dengan air di wilayah itu.

Seperti yang diduganya, dua macam pembersihan itu memberi hasil yang sangat memuaskan. Mesin RO kembali normal seperti sediakala.

Belakangan terbukti hasil uji kerak di laboratorium menunjukkan bahwa penyusun kerak cartridge RO mayoritas berupa karbon dan sejumlah kecil kalsium. Jadi perkiraan berdasarkan database internal perusahaan tidak berbeda dengan data hasil pengujian. Database internal telah menghemat waktu Irpan.

^_^

Pengalaman Irpan adalah salah satu contoh bahwa kombinasi data yang diperoleh dari Google dengan database internal perusahaan akan menghasilkan sebuah informasi baru yang aplikatif – sesuai dengan yang dibutuhkan untuk memecahkan masalah. Simbiosis Google dengan database internal adalah sebuah tools yang sangat powerful -- termasuk bagi operator di lapangan dalam usaha menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi dalam pekerjaan sehari-hari (undil).


CATATAN:

Google

Yang dimaksud Google disini adalah mesin pencari (search engine) yang ada di Internet seperti Yahoo, MSN dan Google. Karena Google adalah yang paling populer, paling sederhana, paling praktis dan menurut saya paling baik, maka saya memakainya sebagai kata ganti untuk mesin pencari.





0 komentar:

Post a Comment