Attention Please!

Seorang pramugari harus memiliki knowledge, berpendidikan, terlatih baik, observatif dan termotivasi. Patuhi aturan berikut selama pelatihan:
- korden ruang pelatihan harus selalu terbuka.
- saling memberi salam.
- tidak boleh menggunakan elevator.

^_^

Pada jaman dahulu kala, apa sih yang membuat seorang bangsawan terlihat kebangsawanannya walaupun misalnya dia miskin atau bertampang biasa-biasa saja?.

Tak lain karena tingkah laku mereka. Karena adanya sikap-sikap tertentu yang dituntut dimiliki oleh seorang bangsawan. Mereka punya kode etik tersendiri yang tidak dimiliki oleh orang kebanyakan. Mereka punya tatacara standar yang diajarkan dan dibiasakan sejak kecil sehingga akan menjadi kebiasaan yang mendarah daging setelah mereka dewasa.

Apa yang membuat sekelompok pramugari bangga kala bergabung dengan sebuah perusahaan penerbangan?.

Kebanggaan akan hadir bila perusahaan itu memiliki standar-standar tertentu yang harus dimiliki oleh seseorang sebelum dapat diterima menjadi pramugari, dan kemudian diikuti standar-standar tertentu yang harus diikuti pramugari setelah bekerja di sana. Bukan perusahaan yang bisa dimasuki oleh siapa saja tanpa standar kepribadian dan karyawannya bebas bertingkah laku seperti apapun juga.

Kebanggaan akan hadir setelah perusahaan memiliki sebuah kultur yang kuat yang merupakan standar sikap minimal bagi semua karyawan. Tak seorangpun yang menjadi karyawan diijinkan bersikap dibawah kode etik itu. Mereka semua harus tunduk dan mengikuti kode etik itu yang merupakan standar bagi semua karyawan tanpa kecuali.

^_^

Attention please adalah serial yang menceritakan sekelompok calon pramugari yang memasuki sekolah pramugari dan mulai berlatih menjadi pramugari. Pada serial Jepang ini, standar untuk tatacara sikap seorang pramugari telah ada dan mereka harus mengikuti standar itu sejak masih dalam tahap pelatihan.

Bagaimana cara memberi hormat pada penumpang; cara meminta maaf; cara menawarkan makanan; cara menyelamatkan penumpang yang sakit hingga cara menangani penumpang yang membuat ulah telah ada prosedur bakunya yang harus diikuti.

Pembiasaan lewat pelatihan membuat para calon pramugari terbiasa dengan kultur berdisiplin seperti itu dan selanjutnya menjadi tingkah laku mereka sehari-hari sebagai seorang pramugari.

Adanya kultur standar itu lambat laun akan menjadi kebanggaan bagi semua pramugari. Seorang pramugari harus memiliki standar “tinggi” dalam bertingkah laku yang tidak dimiliki oleh semua orang.


Sebuah kebiasaan bertutur kata dan tindak tanduk yang elegan yang hanya dimiliki oleh orang-orang terpilih dan terlatih dengan baik. Tidak semua orang mampu mencapai standar itu. Sebuah kultur yang elegan dengan sendirinya akan menjadi kebanggaan bagi semua anggota kultur itu. Sebuah kultur yang memiliki disiplin tertentu yang dipatuhi oleh anggota-anggotanya (undil).


0 komentar:

Post a Comment