Peribahasa Indonesia - Belanda: Goede Manieren Bestaan uit Kleine Opofferingen

Apa perlunya peribahasa?

Supaya kita tidak perlu mengulangi kesalahan yang pernah dilakukan orang lain.

Peribahasa membantu kita untuk memetik kebijaksanaan yang diperoleh lewat pengalaman berpuluh-puluh tahun oleh manusia terdahulu. Singkatnya peribahasa menghemat umur kita sehingga lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat. Peribahasa-peribahasa yang ditampilkan dibawah ini bersumber dari Adang Doerachman, 2005.

Goede manieren beestan uit kleine opofferingen
Good manners consists of small sacrifices

Tidak memerlukan pengorbanan besar untuk menjadi manusia sopan. Hanya dibutuhkan pengorbanan-pengorbanan kecil untuk menjadi orang yang sopan. Kesopanan adalah minyak pelumas dalam dunia kerja. Dalam pekerjaan seseorang tidak dituntut menyukai orang-orang yang berurusan dengannya. Tetapi diperlukan pelumas yang membuat hubungan tetap mulus walaupun mereka tidak saling menyukai, yaitu sopan santun. Sepanjang sopan santun tetap dijaga, hubungan kerja tidak akan terganjal oleh pertentangan pribadi.


De meeste verloren kansen worden veroorzaakt door aarzeling.
Most chances are lost through hesitancy
Hiks! Kalah sebelum bertanding. Gagal meyakinkan diri sendiri. Terlalu banyak pertimbangan. Kesempatan hilang karena kita ragu-ragu untuk menyambarnya. Orang lain yang lebih berani telah terlebih dahulu mendapatkannya.


De kunst van het onthouden is de kunst van het belangstellen
The art of remembering is the art of being interested in the matter

Orang tidak akan lupa untuk hal-hal yang dia anggap sangat penting, misalnya hari pernikahan yang telah dia rencanakan. Kunci memperkuat ingatan adalah mempertinggi tingkat ketertarikan kita terhadap hal-hal yang harus diingat.


Kop op als het water je tot de lippen reikt
Hold it if the water reaches your lips.
Ketika segalanya terasa gelap. Ketika semua kesulitan telah mencapai puncaknya. Bertahanlah! Sebentar lagi matahari terbit. Karena puncak kesulitan adalah awal dari munculnya kemudahan. Barangsiapa mampu bertahan di puncak kesulitan, dia akan segera memetik hasilnya.

De diepte van de zee kan meten, de diepte van het hart niemand weet.

The depth of the sea can be measured, the depth of the heart is unknown

Dalamnya laut dapat diduga, dalamnya hati manusia siapa yang tahu?. Jika kamu tidak pernah memintanya, aku tidak akan tahu kalau kamu menginginkannya. Manusia tidak selalu bisa membaca pikiran manusia lain. Menyatakan keinginan kita adalah jembatannya.


Het zijn vaak kleine dingen die ontoeren
Small matters often touch the feeling

Saat kita tertusuk duri, sebuah ucapan “Kamu tidak apa-apa?” cukup untuk membuat diri kita tersentuh dan mengagumi orang yang mengatakannya. Perhatian-perhatian kecil pada orang-orang sekitar kita akan membuat hari-hari terasa lebih indah.


Doe kleine dingen en de grote dingen zullen straks bij u komen en vragen om gedaan te worden
Do small things, and the big ones will come to you to get done.

Bagaimana orang percaya kamu bisa menyelesaikan pekerjaan besar, bila kamu tidak pernah membuktikan dirimu mampu menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kecil dengan baik.


Het begin van effieciency is ordelijkheid
The beginning of efficiency is order
Aduuuh meeting molor gara-gara harus mencari-cari kabel infocus yang tidak disimpan lagi di tasnya. Langkah pertama efisiensi adalah keteraturan.

Wat overbodig is, is altijd duur.
Everything which is useless is expensive
Jangan tergoda barang murah. Jangan tergoda kata-kata mumpung. Mumpung lagi discount, mumpung lagi ada program yang memberi kemudahan mendapat layanan, mumpung lagi ada bonus jika bergabung menjadi pelanggan. Lihatlah apakah kita memerlukannya? Pada obral dengan discount gila-gilaan, sesuatu yang tidak kita perlukan tetap saja berharga mahal. Buku-buku tebal super murah yang tidak akan kita baca, adalah buku yang mahal!. Pakaian dan barang-barang yang harganya supermurah tetapi tidak banyak manfaatnya buat kita adalah barang yang mahal.

Mode is de kost-baarste belasting
Fashion is the most expensive tax
Perubahan mode diperlukan manusia agar tidak bosan dan membuat kehidupan lebih indah. Munculnya mode-mode baru pada barang-barang yang kita gunakan sehari-hari adalah cermin keinginan manusia untuk terus menerus melakukan perbaikan. Handphone, laptop, pakaian, mobil, motor, televisi selalu memunculkan mode-mode baru setiap tahun. Terserah kita untuk memilihnya. Bila keuangan kita terbatas ada baiknya kita tinjau ulang rencana pembelian kita. Apakah tambahan feature 3G yang ditawarkan oleh handphone seri terbaru itu benar-benar akan kita gunakan? Ataukah kita masih tetap akan menggunakan HP untuk sekedar menelpon dan SMS, serta sekali-sekali memotret?.


Moellijkheden die u niet klein krijgen, maken u groot Problems which do not make you small should make you big
Bila kita berani mengatasi kesulitan, bila gagal-pun kita masih akan mendapat keuntungan berupa kebijaksanaan dan kebesaran jiwa.



Bacaan:

Adang Doerachman, 2005, Kumpulan Kata-kata Mutiara Indonesia-Inggris-Belanda, CV. Yrama Widya, Bandung.


5 comments: