Google dan Kita (10) Simbiosis Google & Database Perusahaan

Simbiosis Google dengan data internal adalah sebuah tools yang sangat powerful -- termasuk bagi operator di lapangan dalam usaha menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi yang berlangsung cepat di dunia industri

^_^

Mendapati flow mesin Reverse Osmosis (RO) mulai mengalami penurunan – Pakacil Irpan yang bekerja di satu cabang perusahaan air minum di sebuah kota kecil -- bermaksud melakukan pencucian kimia terhadap cartridge filter RO.

Keberadaan kerak yang mulai menyelimuti cartridge RO telah menyebabkan flow permeat yang dihasilkan menurun, tekanan feed water naik dan pompa feed water bekerja lebih keras.

Dengan dilakukan pembersihan kimiawi diharapkan kerak terlepas dan cartridge filter kembali bersih sehingga flow permeat kembali normal, tekanan feed water berkurang dan pompa bekerja normal.

Dengan bantuan Google dan manual alat – Irpan mendapatkan informasi jenis-jenis bahan kimia yang dapat digunakan untuk mencuci filter dan spesialisasinya. Misalnya asam sitrat untuk menghilangkan pengotor berupa karbon; asam nitrat untuk membersihkan kalsium; dan caustic soda untuk menyapu pengotor berupa silt, silika & biofilm.

Google juga memberi informasi plus minus setiap bahan kimia yang digunakan. Juga informasi kecocokan (kompatibilitas) dan ketahanan setiap jenis cartridge filter RO terhadap bahan kimia dan pH larutan pencuci. Di Google juga tersedia informasi bahan kimia instant yang telah didesain khusus untuk mengoptimalkan proses pembersihan cartridge RO. Irpan bisa memilih bahan kimia mana yang diinginkannya.

Masalahnya adalah Irpan tidak tahu jenis kerak apa yang menyelimuti cartridge. Google dan manual alat bisa memberitahu Irpan bagaimana cara membersihkan cartridge berdasar jenis pengotornya -- tetapi mereka tidak bisa memberitahu pengotor apa yang ada pada cartridge saat ini (undil-08)







0 komentar:

Post a Comment