Google dan Kita (8) Berakhirnya Era Informasi II

Saat ini masalah yang dihadapi para pekerja telah berbeda dengan masa lalu. Bukan lagi masalah keterbatasan informasi, tetapi justru akibat melimpah-ruahnya informasi. Timbunan informasi yang sangat banyak itu menimbulkan masalah dalam pemanfaatan informasi.

Seorang pekerja bukan lagi dituntut mampu mengumpulkan sebanyak-banyaknya informasi -– karena justru akan membingungkan. Tantangan masakini adalah memilah informasi. Mana yang harus dipakai dan mana yang sebaiknya dibuang.

Google berperan penting dalam memilah informasi sesuai kebutuhan pekerja. Dengan menggunakan fasilitas-fasilitas pencarian spesifik pada Google, seorang pekerja akan mendapatkan informasi spesifik sesuai kebutuhannya.

Google membantu kita memilah-milah informasi dari timbunan gunung raksasa informasi di dunia maya. Sebuah pekerjaan sangat besar yang sulit dibayangkan bila harus mengandalkan koleksi buku-buku cetak perpustakaan.

Begitu banyak waktu yang kita hemat di abad 21 ini -- dibanding waktu yang dihabiskan para pekerja di abad 20 -- yang harus membolak-balik halaman-halaman jurnal ilmiah untuk mencari informasi.

Bila jaman dahulu orang membelanjakan waktunya untuk membolak-balik daftar isi ratusan jurnal di perpustakaan untuk mencari sebuah artikel spesifik, kini seorang pekerja bisa mempersingkat waktunya.

Sebelum ke perpustakaan dia terlebih dahulu browsing di Google di sela-sela waktu kerjanya yang padat untuk memastikan lokasi-lokasi tulisan yang diinginkannya. Sehingga saat datang ke perpustakaan, dia telah mengetahui jurnal-jurnal mana saja yang memuat tulisan yang dia butuhkan

Kini koleksi buku-buku textbook dan jurnal-jurnal ilmiah perlahan-lahan bergeser menjadi koleksi sekunder. Koleksi utamanya adalah data-data yang tersimpan di Google. Baru jika kita butuh informasi yang lebih lengkap, kita membaca versi full text-nya di jurnal yang tersimpan di perpustakaan atau membelinya secara online lewat internet (undil)






CATATAN:
Google
Yang dimaksud Google disini adalah mesin pencari (search enginee) yang ada di Internet seperti Yahoo, MSN dan Google. Karena Google adalah yang paling populer, paling sederhana, paling praktis dan menurut saya paling baik, maka saya memakainya sebagai kata ganti untuk mesin pencari.

Browse [browz]
vti COMPUT ONLINE scan computer files: to scan and view files in a computer database or on the Internet, especially on the World Wide Web

[Early 16th century. Via obsolete French broust <>

0 komentar:

Post a Comment