Google dan Kita (6) - Google Earth

Karamba...!!! :P Ini dia salah satu feature paling canggih dari Google!. Feature berwujud program online yang memetakan bumi berdasar gambar-gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan GIS 3D. Program yang dapat memberi gambaran pada kita tentang landskap suatu wilayah tertentu. Google Earth namanya!. Sebuah peta online yang menyajikan foto-foto udara atas kondisi permukaan sebuah daerah.

Dengan Google Earth kita dapat melihat-lihat kondisi sebuah kota dari udara. Kita bisa melihat-lihat dulu sebuah tempat sebelum berkunjung ke sana agar tidak blank sama sekali saat tiba di kota itu. Kita juga bisa menilai kualitas tatakota sebuah wilayah dari tataletak bangunan-bangunan, fasilitas umum dan jalan-jalan yang berada di wilayah itu. Konon untuk sebagian wilayah -- rambu-rambu jalan dan bayangan orang dapat terlihat jelas dengan Google Earth.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Google Earth teman-teman bisa membuka Wikipedia : Google Earth atau langsung ke situs Google Earth .

Untuk Kota Bandung sekilas saya menemukan fenomena menarik. Pohon-pohon besar yang merupakan paru-paru kota terutama berada di sepanjang pinggir jalan raya. Jadi tulang punggung paru-paru Kota Bandung tepat berdampingan dengan sumber utama produsen gas karbon yaitu jalan raya!




0 komentar:

Post a Comment