Peter F. Drucker tentang Tatakrama

Buat Peter tatakrama adalah minyak pelumas yang memuluskan hubungan antar manusia dalam pekerjaan. Orang-orang yang terlibat dalam hubungan kerja tidak harus saling menyukai. Hubungan mereka akan diatur oleh rambu-rambu tatakrama yang akan memberi pertunjuk mana yang boleh dan mana yang tak boleh dilakukan. Bila anda mengabaikannya --meskipun anda seorang yang hebat-- karir anda akan terancam.


Singkatnya anda tak perlu menyukai saya walaupun anda ingin bekerjasama dengan saya. Namun patuhilah tatakrama, maka kerjasama kita akan berjalan dengan mulus.

Lalu apa kata Peter tentang cara kita mendapatkan informasi?
Menurut Peter seseorang seharusnya mengetahui bagaimana dirinya mendapatkan informasi? Cara apa yang paling tepat buat anda untuk memahami sesuatu. Apakah dengan cara mendengarkan atau dengan cara membaca. Bila anda seorang pendengar, maka laporan tertulis saja tak banyak bermanfaat bagi Anda. Ada baiknya anda mendengar langsung isi laporan dari pembuatnya, karena akan jauh lebih efektif bagi anda. Sebaliknya bila anda seorang tipe pembaca, laporan lisan saja akan menyulitkan anda. Mintalah laporan secara tertulis, dan anda akan dengan mudah memahami isi laporan.



Bagaimana dengan kekuatan dan kelemahan Anda?
Peter Drucker berpendapat bahwa lebih baik kita berkonsentrasi untuk mempertajam kompetensi yang menjadi kekuatan kita dibanding memusatkan diri untuk mencoba meningkatkan bidang-bidang dimana kita kurang kompeten. Jauh lebih sulit melakukan upaya meningkatkan kompetensi yang kurang menjadi tingkat biasa-biasa saja, dibanding meningkatkan kompetensi yang berada di atas rata-rata menjadi kompetensi yang luar biasa. Lebih baik anda pusatkan upaya anda untuk mengupgrade kekuatan anda (nl. bandung)

1.Bacaan :
Managing One Self, sebuah buku 228 halaman yang berisi kumpulan tulisan (dari beberapa penulis) tentang pengelolaan manusia maupun lingkungan kerja, diantaranya Peter F Drucker, dg editor A Usmara, diterbitkan oleh Amara Books 2003.

2.Peter F. Drucker
adalah Profesor Pengetahuan Sosial dan Managemen Marie Rankin Clarke di Claremont Graduate University, di Claremont California.



0 komentar:

Post a Comment