Minum 8 gelas air putih sehari


Keunggulan air putih adalah sehat dan hemat. Sehat buat badan dan (juga) buat kantong kita. Mengapa? Karena kita tidak perlu biaya tambahan untuk beli sesuatu yang bisa membuatnya berwarna (kopi, sirup), berbau (essence) dan berasa (gula, soda, aspartam) ;p. Kita juga terhindar dari resiko yang mungkin timbul dari bahan tambahan yang melebihi ambang batas, misalnya terlalu banyak gula. (Hiks! sampai sekarang saya masih lebih suka minum air berwarna dibanding air putih!)

Air sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tanpa makan manusia mampu bertahan 5 minggu (benarkah??). Namun tanpa air tubuh manusia hanya mampu bertahan 5 hari. Pasokan air kedalam tubuh sangat penting karena air memiliki peran penting dalam proses tubuh seperti pencernaan, penyerapan, sirkulasi serta pembuangan kotoran. Air dalam tubuh juga berfungsi seperti air dalam radiator mobil, yaitu berperan dalam pemeliharaan suhu tubuh. Delapan gelas air sehari dianjurkan agar tubuh kita sehat. Tentu saja yang diminum adalah air yang bersih dan sehat.

Sebenarnya kebutuhan air adalah sekitar 2,5 liter per hari, namun sebagian telah diperoleh dari makanan. Kebutuhan tersebut juga dipengaruhi oleh pengeluaran air oleh tubuh. Misalnya orang yang terkena diare membutuhkan air lebih banyak untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Seorang penderita diare bisa terancam dehirasi bila tidak segera dimasukkan air ke dalam tubuhnya melalui darah atau saluran pencernaan. (nae).



Bacaan penunjang:
1. Kus Irianto, Kusno Waluyo, 2004, Gizi dan Pola Hidup Sehat, Yrama Widya, Bandung.
2. Chris K. H Teo, Ch’ng Beng Im, 2001, Makanan & Kanker, Cancer Care, Penang, Malaysia.




0 komentar:

Post a Comment