Unboxing Panasonic RF-5250


Kali ini saya akan membahas gadget yang bukan biasa-biasa saja seperti smartphone, tablet atau notebook versi terbaru. Mereknya cukup ternama sebagai pemasok barang-barang elektronik papan atas, yaitu panasonic. Kita langsung saja lihat box luarnya.
















Barang apakah itu? Yah benar. Tebakan anda 1000% benar, sebuah portable radio. Fasilitas yang ada di gadget radio Panasonic seri RF-5250 ini adalah radio 2 band FM/AM, dilengkapi dengan eksternal speaker jack untuk mendengarkan memakai eksternal speaker ataupun earphone. Mari kita buka boks ini lebih lanjut:




Wow ternyata dlengkapi dengan tali pembawa radio untuk dikaitkan di sisi kiri dan kanan radio. Jadi kita bisa membawa radio ini kemana-mana dengan mencangklongkan di pundak. Praktis kan?. Fasilitas lain yang ada di body radio adalah antena FM, pengatur volume, dan pengatur gelombang. Di bagian belakang ada tombol geser untuk memindah gelombang dari AM ke FM dan sebaliknya. Di bagian samping kanan terdapat colokan untuk eksternal speaker dan earphone. Sumber power untuk radio ini adalah dua baterai UM-1 yang ada di bagian belakang. Berikut spesifikasi lengkap Panasonic RF-5250:





Spesifikasi:

Nama Radio Panasonic RF-5250

Gel. FM 87,5 - 108 MHz

Gel. AM 520 - 1610 kHz

Sumber tenaga berupa baterai 2 x UM-1 (R20/LR20)

Speaker ukuran 6,5 cm (16 Ohm)

Output berupa earphone

Tenaga suara  500 mW

Dimensi (p x t x l) 200 x 117 x 65 mm

Berat (tanpa baterai) 530 gr

Harga Rp. 165.000

 

Keterangan:

1. Saklar On-Off, tombol pengatur volume suara

2. Tombol pengatur gelombang suara

3. Pengatur gelombang FM atau AM

4. Antenna FM

5. Colokan untuk earphone

Setelah baterai terpasang dan dicoba mendengarkan radio gelombang FM, ternyata suaranya sangat jernih, dan volume bisa sangat kenceng jika diputar ke kanan. Suara yang jernih ini adalah kelebihan yang menjadi ciri khas radio Panasonic sejak jaman keemasan radio. Rupanya hingga saat ini kelebihan itu masih dipertahankan.




Kelebihan radio portabel ini adalah menggunakan baterai sehingga bisa dibawa tidur. Ukutannya tidak terlalu besar untuk diletakkan di samping bantal, sambil tiduran kita bisa mendengarkan radio tanpa earphone dengan nyaman, dengan ketahanan baterai yang jauh lebih lama dibanding handphone. Disamping itu Panasonic RF-5250 adalah benar-benar radio yang lengkap, kita bisa mengeksplorasi gelombang-gelombang yang ada di kota kita dengan maksimal. 


Jadi produk ini direkomendasikan buat siapa? Buat orang yang ingin mendengarkan radio dengan kualitas suara yang jernih, gak pusing mikirin harus sering ngecharge baterai, dan ukuran yang cukup kecil. Buat penggemar radio yang rindu mendengarkan radio kesayangan dengan menggunakan radio yang sebenarnya (Undil-2013)

2 comments: